Selasa, 02 Agustus 2011

EKOSISTEM TERUMBU KARANG


            Ekosistem terumbu karang adalah lingkungan hidup di dasar laut tropik, dimana karang batu merupakan penghuni utamanya. Ekosistem terumbu karang juga merupakan habitat dari berbagai termasuk yang berasosiasi dengan karang batu, seperti berbagai jenis ikan, echinodermata (bulu babi, bintang laut, bintang ular laut, lili laut, dan teripang), krustacea (udang, kepiting, dan kelomang), moluska (kima, susu bundar, tedong-tedong, cumi, sotong, gurita), porifera (jenis-jenis spons), polychaeta (cacing bulu), algae (algae merah, algae coklat, dan algae hijau), serta berbagai jenis avertebrata lainnya. Pada kolom air di atas terumbu karang terdapat berbagai jenis plankton.
            Akhir-akhir ini, ekosistem terumbu karang banyak menarik perhatian masyarakat karena sebagai berikut:
a.       Dari segi estetika, ekosistem terumbu karang yang masih sehat menampilkan pemandangan yang sangat indah, perairan alami yang jernih, biota yang hidup di terumbu karang sangat bervariasi bentuk dan warnanya, ditambah dengan berbagai jenis ikan yang eksotik.
b.      Dari segi manfaat, ekosistem terumbu karang dikenal sebagai pelindung pantai dari gempuran ombak, sebagai sumber makanan bagi masyarakat di sekitarnya, sebagai tempat rekreasi bawah laut, serta sebagai penghasil sumber daya bernilai ekonomi penting, seperti ikan konsumsi, ikan hias, udang karang, teripang, kerang-kerangan, dan rumput laut.
c.       Belakangan ini, terumbu karang diketahui banyak mengalami kerusakanakibat ulah manusia (karena pengeboman ikan dan penggunaan racun sianida untuk menangkap ikan).
Terumbu karang dengan karang batu sebagai komponen utamanya bersama-sama dengan biota penghasil kapur lainnya membentuk ekosistem di perairan tropis. Terumbu karang menghasilkan dasar laut dari bahan kapur yang keras.
      Karang batu adalah satu jenis hewan berongga yang membentuk kerangka lua dari kapur. Jenis hewan lainnya yang hidup di ekosistem terumbu karang adalah karang lunak, karang cambuk, karang kipas, serta anemon.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar